Menindaklanjuti KMA, SE Dirjen Pendis, Surat dari Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur, dan Surat dari Kepala Kantor Kemenag Kab. Ngawi,...... yang selama ini ditunggu-tunggu madrasah tentang beban kerja dan struktur kurikulum kelas X semester genap..... akhirnya datang juga......
Berdasar pada PEDOMAN
TEKNIS (DOMNIS) IMPLEMENTASI
KURIKULUM MADRASAH, Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah
Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah, maka Beban Belajar/Struktur
Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) kelas X semester genap tapel 2014/2015 adalah sebagai berikut;
Beban Belajar/Struktur
Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) Reguler
1.
Kelas X Umum
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
||
Semester1
|
Semester 2
|
||
A. Mata Pelajaran
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
a.
Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
|
b.
Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
|
d.
Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
|
4. Bahasa Arab
|
3
|
3
|
|
5. Bahasa Inggris
|
3
|
3
|
|
6. Matematika
|
4
|
4
|
|
7. Fisika
|
2
|
2
|
|
8. Biologi
|
2
|
2
|
|
9. Kimia
|
2
|
2
|
|
10. Sejarah
|
2
|
2
|
|
11. Geografi
|
2
|
2
|
|
12. Ekonomi
|
2
|
2
|
|
13. Sosiologi
|
2
|
2
|
|
14. Seni Budaya
|
2
|
2
|
|
15. Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
|
16. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
|
17. Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
|
B. Muatan Lokal *)
|
1
|
1
|
|
C. Pengembangan Diri **)
|
1
|
1
|
|
J u m l a h ***)
|
48
|
48
|
|
Keterangan:
*) Muatan Lokal untuk mengembangkan kompetensi yang
disesuaikan dengan ciri khas dan
potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan Pendidikan (madrasah).
|
|||
**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh
oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan siswa untuk
mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan Pendidikan (madrasah).
|
|||
***) Setiap satuan pendidikan memiliki kewenangan untuk mengadopsi dan
mengadaptasi jumlah jam sesuai situasi kondisi dan potensi khas yang dimiliki
lembaga dengan terlebih dahulu melakukan analisis kontek-kebutuhan untuk memberdayakan
potensi dan keunggulan madrasah.
|
Beban Belajar/Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) Keagamaan
1. Kelas X Keagamaan
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
||
Semester 1
|
Semester 2
|
||
A. Mata Pelajaran
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
a. Tafsir-Ilmu Tafsir
|
2
|
2
|
|
b. Hadis-Ilmu Hadis
|
2
|
2
|
|
c. Fikih-Ushul Fikih
|
2
|
2
|
|
d. Ilmu Kalam
|
2
|
2
|
|
e. Akhlak
|
2
|
2
|
|
f. Sejarah Kebudayaan
Islam
|
2
|
2
|
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
|
3. Bahasa Indonesia
|
3
|
3
|
|
4. Bahasa Arab
|
3
|
3
|
|
5. Bahasa Inggris
|
3
|
3
|
|
6. Matematika
|
4
|
4
|
|
7. Fisika
|
2
|
2
|
|
8. Biologi
|
2
|
2
|
|
9. Kimia
|
2
|
2
|
|
10. Sejarah
|
1
|
1
|
|
11. Geografi
|
1
|
1
|
|
12. Ekonomi
|
2
|
2
|
|
13. Sosiologi
|
2
|
2
|
|
14. Seni Budaya
|
2
|
2
|
|
15. Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
|
16. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
|
17. Keterampilan Bahasa Arab
|
1
|
1
|
|
B. Muatan Lokal **)
|
1
|
1
|
|
C. Pengembangan Diri ***)
|
1
|
1
|
|
J u m l a h
|
48
|
48
|
Keterangan:
**) Muatan
Lokal untuk mengembangkan kompetensi yang
disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah yang ditentukan oleh satuan
Pendidikan (madrasah).
***)
Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan
kesempatan siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi madrasah.
***) Setiap satuan pendidikan memiliki kewenangan untuk mengadopsi dan
mengadaptasi jumlah jam sesuai situasi kondisi dan potensi khas yang dimiliki
lembaga dengan terlebih dahulu melakukan analisis kontek-kebutuhan untuk
memberdayakan potensi dan keunggulan madrasah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar